Minggu, 12 Juni 2011

MAKALAH BIOLOGI EFEK TOKSIK ETANOL PADA SEL HATI


GAMBARAN EFEK TOKSIK ETANOL PADA SEL HATI
BAB I
PENDAHULUAN
Toksisitas merupakan istilah dalam toksikologi yang didefinisikan sebagai kemampuan bahan kimia untuk menyebabkan kerusakan/injuri. Istilah toksisitas merupakan istilah kualitatif, terjadi atau tidak terjadinya kerusakan tergantung pada jumlah unsur kimia yang terabsopsi. Proses pengrusakan ini baru terjadi apabila pada target organ telah menumpuk satu jumlah yang cukup dari agent toksik ataupun metabolitnya, begitupun hal ini bukan berarti bahwa penumpukan yang tertinggi dari agent tokis itu berada di target organ, tetapi bisa juga ditempat yang lain. Sebagai contoh, insektisida hidrokarbon yang diklorinasi mencapai konsentrasi dalam depot lemak dari tubuh, tetapi disana tidak menghasilkan efek-efek keracunan yang dikenal. Selanjutnya, untuk kebanyakan racun-racun, konsentrasi yang tinggi dalam badan akan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak. Konsentrasi racun dalam tubuh merupakan fungsi dari jumlah racun yang dipaparkan, yang berkaitan dengan kecepatan absorpsinya dan jumlah yang diserap, juga berhubungan dengan distribusi, metabolisme maupun ekskresi agent toksis tersebut.
Efek toksik sangat bervariasi dalam sifat, organ sasaran, maupun mekanisme kerjanya. Umumnya toksikan hanya mempengaruhi satu atau beberapa organ saja. Hal tersebut dapat disebabkan lebih pekanya suatu organ, atau lebih tingginya kadar bahan kimia dan metabolitnya di organ Toksisitas merupakan sifat bawaan suatu zat, bentuk dan tingkat manifestasi toksiknya pada suatu organisme bergantung pada berbagai jenis factor. Faktor yang nyata adalah dosis dan lamanya pajanan. Faktor yang kurang nyata adalah species dan strain hewan, jenis kelamin, umur, serta status gizi dan hormonal. Faktor lain yang turut berperan yaitu faktor fisik, lingkungan dan sosial. Di samping itu, efek toksik suatu zat dapat dipengaruhi oleh zat kimia lain yang diberikan bersamaan. Efek toksik dapat berubah karena berbagai hal seperti perubahan absorpsi, distribusi, dan ekskresi zat kimia, peningkatan atau pengurangan biotranformasi, serta perubahahan kepekaan reseptor pada organ sasaran.
Penggunaan alkohol sebagai minuman saat ini sangat meningkat di masyarakat. Pengunaan alkohol terutama secara kronis dapat menimbulkan kerusakan jaringan hati melalui beberapa mekanisme seperti melalui induksi enzim dan radikal bebas. Efek terhadap hati akibat penggunaan alkohol secara akut tampaknya lebih ringan bila dibandingkan dengan pengunaan alkohol secara kronis, namun data yang pasti belum ada. Alkohol/etanol merupakan zat kimia yang akan menimbulkan berbagai dampak terhadap tubuh oleh karena akan mengalami proses detoksifikasi didalam organ tubuh. Hati (liver/hepar) merupakan organ tubuh yang penting untuk mendetoksifikasi zat kimia yang tidak berguna/merugikan tubuh, termasuk alkohol/etanol. Hati merupakan organ yang mempunyai kemampuan tinggi untuk mengikat zat-zat kimia atau melebihi organ-organ lain. Hati memiliki satu kemampuan untuk memetabolisme dan mengekresi beberapa zat-zat kimia. Meskipun mekanisme yang tepat mengenai pembuangan toksikan-toksikan dari darah oleh liver masih perlu penelitian lebih lanjut, namun diduga pengangkutan aktif dan pengikatan ke komponen-komponen jaringan merupakan mekanisme-mekanisme yang mungkin digunakan oleh liver untuk membuang bahan-bahan toksis dari darah.



BAB II
KOMPOSISI ALKOHOL
Alkohol telah lama dikenal, menurut catatan arkeologik minuman beralkohol sudah dikenal sejak kurang lebih 500 tahun yang lalu. Sampai saat sekarang sudah beragam macam minuman beralkohol yang dikonsumsi manusia. Masing-masing negara memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam mengkonsumsi minuman beralkohol, baik itu jumlah keseluruhan alkohol yang dikonsumsi, jenis-jenis minuman keras maupun situasi dimana minuman beralkohol dikonsumsi. Adapun alkohol yang terkandung dalam minuman keras adalah etanol (CH3CH2 -OH) yang diperoleh dari proses fermentasi. Etanol didapat dari proses fermentasi biji-bijian, umbi, getah kaktus tertentu, sari buah dan gula. Kadar alkohol hasil fermentasi tidak lebih dari 14%, untuk mendapatkan kadar alkohol yang lebih tinggi dibuat melalui proses penyulingan. Kandungan alkohol pada berbagai minuman keras berbeda-beda,kebanyakan bir mengandung 3-5% alkohol, anggur 10-14%, sherry, port, muskatel berkadar alkohol 20%, sedangkan wisky, rum, gin, vodka dan brendi berkadar alkohol 40-50%. Ciri-ciri etanol diantaranya, memiliki titik didih 780C, tekanan uap 44 mmHg pada temperatur200C, disamping itu etanol merupakan cairan jernih tak berwarna, rasanya pahit, mudah menguap, larut dalam air dalam semua perbandingan dan bersifat hipnotik. Kegunaan etanol selain sebagai pelarut, antiseptik, minuman  juga sebagai bahan makanan, dalam industri farmasi dan sebagai bahan bakar. Alkohol yang terkandung dalam minuman merupakan penekan susunan saraf pusat, disamping itu juga mempunyai efek yang berbahaya pada pankreas, saluran pencernaan, otot, darah, jantung, kelenjar endokrin, sistem pernafasan, perilaku seksual dan efek-efek terhadap bagian lainnya, sekaligus sebagai penyebab terjadinya sindrom alkohol fetus.
Etanol larut dalam air, sehingga akan benar-benar mencapai setiap sel setelah dikonsumsi. Alkohol yang dikonsumsi akan diabsorpsi termasuk yang melalui saluran pernafasan. Penyerapan terjadi setelah alkohol masuk kedalam lambung dan diserap oleh usus kecil. Hanya 5-15% yang diekskresikan secara langsung melalui paru-paru, keringat dan urin. Alkohol mengalami metabolisme diginjal, paru-paru dan otot, tetapi umumnya di hati, kira-kira 7 gram etanol per jam, dimana 1 gram etanol sama dengan 1 ml alkohol 100%. Timbulnya keadaan yang merugikan pada pengkonsumsi alkohol diakibatkan oleh alkohol itu sendiri ataupun hasil metabolismenya.Etanol mempunyai efek toksik pada tubuh baik secara langsung maupun tidak langsung. Para ahli banyak berpendapat mengenai akibat yang ditimbulkan etanol, diantaranya Dreisbach menyatakan bahwa etanol akan menekan sistem saraf pusat secara tidak teratur tergantung dari jumlah yang dicerna, dikatakan pula bahwa etanol secara akut akan menimbulkan oedema pada otak serta oedema pada saluran gastrointestinal. Linder menyatakan bahwa asetaldehid, yang merupakan senyawa antara alkohol dan asetat, bersifat patogen jika dikonsumsi secara berlebihan. Lu menyatakan bahwa hipoksia atau zat penyebab hipoksia (CO2 dan CO) dapat bersifat teratogen dengan mengurangi O2 dalam proses metabolisme yang membutuhkan O2. Hal tersebut dapat menyebabkan oedema dan hematoma yang pada akhirnya dapat menyebabkan kelainan bentuk.Konsumsi alkohol akan menyebabkan meningkatnya kada laktat dalam darah. Peningkatan laktat dalam darah dapat menekan ekskresi asam urat dalam urin dan menyebabkan peningkatan asam urat dalam plasma.



BAB III
METABOLISME ALKOHOL
Alkohol yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami serangkaian proses biokimia. Menurut Zakhari (2006), metabolisme alkohol melibatkan 3 jalur, yaitu: a. Jalur Sitosol/Lintasan Alkohol Dehidrogenase Jalur ini adalah proses oksidasi dengan melibatkan enzim alkohol dehidrogenase (ADH). Proses oksidasi dengan menggunakan ADH terutama terjadi di dalam hepar. Metabolisme alkohol oleh ADH akan menghasilkan asetaldehid. Asetaldehid merupakan produk yang sangat reaktif dan sangat beracun sehingga menyebabkan kerusakan beberapa jaringan atau sel. b. Jalur Peroksisom/Sistem Katalase Sistem ini berlangsung di dalam peroksisom dengan menggunakan katalase. Pada jalur ini diperlukan H2O2 Sistem ini diperlukan ketika kadar alkohol di dalam tubuh meningkat. c. Jalur Mikrosom Jalur ini juga sering disebut dengan sistem SOEM (Sistem Oksidasi Etanol Mikrosom). Sistem ini melibatkan enzim sitokrom P 450 yang berada dalam mikrosom. Oleh ketiga jalur tersebut alkohol akan diubah menjadi asetaldehid, kemudian akan diubah menjadi asetat oleh aldehid dehidrogenase di dalam mitokondria. Alkohol yang masuk ke saluran pencernaan akan diabsorbsi melalui dinding gastrointestinal, tetapi lokasi yang efisien untuk terjadi absorbsi adalah di dalam usus kecil. Setelah diabsorbsi, alkohol akan didistribusikan ke semua jaringan dan cairan tubuh serta cairan jaringan. Sekitar 90 - 98% alkohol yang diabsorbsi dalam tubuh akan mengalami oksidasi dengan enzim, sedangkan 2 - 10%nya diekskresikan tanpa mengalami perubahan, baik melalui paru-paru maupun ginjal. Sebagian kecil akan dikeluarkan melalui keringat, air mata, empedu, cairan lambung, dan air ludah.

BAB IV
DAMPAK ALKOHOL BAGI ORGAN TUBUH
A.   ORGAN  HATI
Hati adalah organ terbesar dan secara metabolisme paling kompleks di dalam tubuh. Organ hati terlibat dalam metabolisme zat makanan serta sebagian besar obat dan toksikan. Secara struktural organ hati tersusun oleh hepatosit (sel parenkim hati). Hepatosit bertanggung jawab terhadap peran sentral hati dalam metabolisme. Sel-sel tersebut terletak di antara sinusoid yang terisi darah dan saluran empedu. Sel Kuffer melapisi sinusoid hati dan merupakan bagian penting dari sitem retikuloendotelial tubuh. Darah dipasok melalui vena porta dan arteri hepatika, dan disalurkan melalui vena sentral dan kemudian vena hepatika ke dalam vena kava. Saluran empedu mulai berperan sebagai kanalikuli yang kecil sekali yang dibentuk oleh sel parenkim yang berdekatan. Kanalikuli bersatu menjadi duktula, saluran empedu interlobular, dan saluran hati yang lebih besar. Saluran hati utama menghubungkan duktus kistik dari kandung empedu dan membentuk saluran empedu biasa, yang mengalir ke dalam duodenum.
Toksikologi hati dipersulit oleh berbagai kerusakan hati dan berbagai mekanisme yang menyebabkan kerusakan tersebut. Hati sering menjadi organ sasaran karena beberapa hal. Sebagian besar toksikan memasuki tubuh melalui sistem gastrointestinal, setlah diserap, toksikan dibawa vena porta ke hati. Hati mempunyai banyak tempat pengikatan. Kadar enzim yang memetabolisme xenobiotik dalam hati juga tinggi (terutama sitokrom P-450). Hal tersebut membuat sebagian besar toksikan menjadi kurang toksik dan lebih mudah larut dalam air, sehingga lebih mudah dieksresikan. Tetapi dalam beberapa kasus, toksikan diaktifkan sehingga dapat menginduksi lesi. Lesi hati bersifat sentrilobuler banyak dihubungkan dengan kadar sitokrom P-450 yang lebih tinggi. Selain itu kadar glutation yang relatif rendah, dibandingkan dengan kadar glutation di bagian lain dari hati, dapat juga berperan mengaktifkan toksikan. Toksikan dapat menyebabkan berbagai jenis efek toksik pada berbagai organel dalam sel hati, seperti perlemakan hati (steatosis), nekrosis, kolestasis, dan sirosis. Steatosis adalah hati yang mengandung berat lipid lebih dari 5%. Mekanisme terjadinya penimbunan lemak pada hati secara umum yaitu rusaknya pelepasan trigliserid hati ke plasma. Nekrosis hati adalah kematian hepatosit. Biasanya nekrosis merupakan kerusakan akut. Beberapa zat kimia telah dibuktikan atau dilaporkan menyebakan nekrosis pada hati. Kolestasis merupakan jenis kerusakan hati yang biasanya bersifat akut. Beberapa steroid anabolik dan kontraseptif di samping taurokolat, klorpromazin, dan eritromisin laktobionat terlah terbukti menyebabkan kolestasis dan hiperbilirubinemia karena tersumbatnya kanalikuli empedu. Sirosis ditandai oleh adanya septa kolagen yang tersebar di sebagian besar hati. Serosis diduga berasal dari nekrosis sel-sel tunggal karena kurangnya mekanisme perbaikan yang menyebabkan meningkatnya aktivitas fibroblastik dan pembentuan jaringan parut.
Hepatosit tikus dan manusia yang terisolasi dalam suspensi atau dalam biakan, telah digunakan dalam berbagai penelitian biokimia. Dalam mempelajari efek toksikan terhadap sel hati yang sedang membelah digunakan hepatosit dari hewan yang sangat muda atau dari tumor hati. Hepatosit yang diisolasi dapat digunakan untuk menentukan berbagai efek toksik seperti :
1)    Kerusakan membran dapat dideteksi secara mikroskopik atau secara biokimia. Prosedur biokimia berupa pengukuran kemampuan sel menyerap kofaktor (misalnya NADPH), bahan pewarna polar (misalnya biru tripan), dan substrat (misal suksinat) dan pengukuran kebocoran enzim sitoplasma.
2)    Mungkin terdapat perubahan dalam makromolekul selseperti penghambatan protein dan sistesis RNA, dan peningkatan sintesis DNA. 3) Efek lain adalah perubahan metabolisme perantara dan perubahan dalam aktivitas dan pertumbuhan hepatosit.
B.   SEL HATI
Hati merupakan organ utama tubuh untuk metabolisme etanol. Bila konsentrasi etanol rendah tidak menjadi masalah, metabolisme tersebut malah menghasilkan energi yang bermanfaat bagi tubuh, khususnya di daerah dingin (Eropa). Namun konsumsi etanol dalam jumlah yang besar dan terus menerus (peminum) dapat merusak sel hati hepatosit yang pada akhirnya menimbulkan berbagai penyakit hati seperti “sirosis hati”. Hati merupakan organ tubuh yang penting untuk mendetoksifikasi zat kimia yang tidak berguna/merugikan tubuh, termasuk alkohol/etanol. Proses detoksifikasi dari etanol di hepar terjadi di dalam peroxisome melalui proses reaksi peroxidative dengan bantuan enzim peroxisomal catalase dengan menggunakan H2O2.
Metabolisme etanol di dalam sel hepar menyebabkan peningkatan produksi radikal bebas dengan berbagai mekanisme sehingga terjadi stres oksidatif yang akan merusak jaringan hati. Reaksi antara etanol dengan H2O2 dan radikal reaktif spesies yang lain akan menghasilkan radikal hidroksietil yang merupakan oksidan kuat. Radikal hidroksietil tersebut dapat mengoksidasi lipid dan protein sel hepar sehingga terjadi kerusakan jaringan hepar .
Selain radikal hidroksietil pada peminum alkohol kronis terjadi peningkatan radikal bebas yang lain yang sumbernya belum jelas. Diperkirakan sumber dari radikal bebas tersebut adalah xanthin oxidase dan NADPH sebab penghambatan enzim tersebut dapat menurunkan produksi radikal bebas pada tikus yang diberikan etanol.
Peningkatan radikal bebas akibat alkohol juga terjadi melalui mekanisme enzim inducer. Alkohol akan menginduksi sitokrom P-450 sehingga enzim tersebut meningkat. Enzim sitokrom P-450 dapat meningkatkan radikal bebas secara langsung dengan membentuk radikal superoksid, maupun secara tidak langsung melalui NADPH. Peningkatan radikal bebas akibat pemberian alkohol akan mengaktifkan nuclear factor yang akan meningkatkan tumor necrosis factor (TNF alfa) yang berperan terhadap nekrosis dan inflamasi pada hati. Penghambatan nuclear factor dengan curcumin ternyata dapat melindungi kerusakan hati akibat alkohol. Peneliti lain menemukan terjadi peningkatan produksi radikal bebas di dalam hepar akibat induksi terhadap microsomal cytochrome P-450 oleh etanol. Pada binatang percobaan yang diberikan etanol 0,8 gram/kg BB/hari, terjadi peningkatan radikal bebas yang akan menimbulkan kerusakan pada sel-sel hepatosit dan menimbulkan inflamasi pada jaringan hati. Pada penelitian yang dilakukan Jawi, et al. (2007), mengenai pemberian alkohol akut maupun kronis terhadap kadar SGOT dan SGPT menunjukkan bahwa pemberian alkohol akut dan alkohol kronis (selama 14 hari) tidak menimbulkan kenaikan SGOT dan SGPT secara bermakna. Kadar SGOT dan SGPT kelompok kontrol sedikit lebih rendah dibandingkan dengan kelompok alkohol akut dan kelompok alkohol kronis. Kadar SGOT dan SGPT pada kelompok alkohol akut dan kelompok alkohol kronis hampir sama. Secara statistik ketiga kelompok tidak berbeda (p>0,05). Hal tersebut dapat dilihat pada Gambar 1.
                                  
Gambar 1. Perbandingan SGOT dan SGPT kelompok kontrol dan kelompok perlakuan, alkohol akut dan alkohol kronis.
Pada penelitian Jawi, et al. (2007) menunjukkan bahwa pemberian alkohol baik akut maupun kronis juga menyebabkan perubahan pada jaringan hati. Hasil tersebut dapat dilihat pada Grafik 2.
                                     
pada kelompok kontrol dan ke empat kelompok perlakuan Pada Grafik 2, terlihat bahwa sel-sel hati yang mengalami degenerasi dan nekrosis pada kelompok perlakuan alkohol akut dan kronis lebih tinggi dari kontrol, dan secara statistik dibandingkan dengan kontrol perbedaan tersebut bermakna (p<0,05). Dari hasil penelitian ini menunjukan baik alkohol akut maupun alkohol kronis, sama-sama menimbulkan degenerasi dan nekrosis pada sel hati mencit. Sel-sel yang mengalami nekrosis pada kelompok perlakuan ternyata pada kelompok alkohol akut lebih rendah dari alkohol kronis dan bermakna secara statistik (p<0,05).
Histologi patologi anatomi sel-sel hati yang mengalami degenerasi dan nekrosis setelah diberikan alkohol akut dan kronis dapat dilihat pada Gambar 3. Pada kelompok perlakuan terlihat sel-sel dengan batas tidak jelas dan inti sel yang gelap (gambar B dan C) mengalami degenerasi dan nekrosis. Pada gambar tersebut terlihat gambaran hati normal pada kelompok kontrol.
                                               
Gambar 3,Gambaran PA dari masing-masing kelompok percobaan
Keterangan :
A. Kontrol;
B. Alkohol akut;
C. Alkohol khronis Hasil penelitian Pospos (2002) pemberian etanol di atas 0,5 mol/l, persentase blebs yang terbentuk 805 dan pada konsentrasi 2,6 mol/l mencapai 93,3 + 12%.

Persentase pembentukan blebs dan kematian sel setelah dipapari dengan berbagai konsentrasi etanol (0,3 –2,6 mol/l) selama 30 menit pada temperatur 25oC dapat dilihat pada Gambar 4.
                                          
Gambar 4. Persentase pembentukan blebs dan kematian sel setelah terpapar dengan berbagai konsentrasi etanol
Pemberian etanol pada isolat hepatosit dilaporkan menyebabkan perubahan yang besar pada permukaan sel berupa penonjolan (blebs). Beberapa peneliti menduga bahwa penyebab terbentuknya blebs adalah akibat terganggunya stabilitas sel membran yang mempengaruhi kestabilan sitoskelet. Stabilitas sitoskelet dipengaruhi banyak faktor, seperti ATP (Clarke dan Spundich, 1977), Ca2+ (Schliwa, 1981), H+. Hepatosit yang baru diisolasi akan terlihat bundar dengan permukaan yang bergelombang (Gambar 5a). Bila hepatosit mendapat paparan oleh etanol dengan dosis mulai dari 0,3 – 2,6 mol/l, maka akan terbentuk blebs di permukaan sel. Hasil pemotretan menggunakan Scanning Electrone Microscopy (SEM) perbesaran 3000x blebs tampak lebih jelas (Gambar 5b). Pembentukan blebs akibat keracunan etanol tersebut reversibel karena setelah beberapa saat blebs akan menyusut hilang.
                        
Gambar 5. a. Hasil isolasi sel hati tikus yang baru diisolasi sebelum diberi paparan etanol, b. Hasil isolat sel hati tikus setalah dipapari dengan 0,65 mol/l etanol selama 30 menit pada temperatur 250C.
Kerusakan sel akibat etanol disebabkan interaksinya dengan membran yang akan menyebabkan terpengaruhnya fungsi membran dalam menyampaikan signal antar sel. Diduga etanol merangsang terbentuknya asetaldehide serta menurunnya rasio NAD+ /NADH. Meningkatnya konsentrasi Ca2+ menyebabkan kerusakan sitoskelet dan menurunnya ATP meningkatkan keracunan etanol sehingga meningkatnya blebs. Hasil penelitian ini sesuai dengan penelitian pada tikus obese yang diberikan alkohol akut. Pada penelitian tersebut terjadi apoptosis dan kerusakan jaringan hepar, karena terjadi stress oksidatif dan nitrosative damage. Pada penelitian dengan tikus tersebut diberikan etanol 4 gram/kg dengan gavage setiap 12 jam selama 3 hari. Pemberian etanol menurunkan kadar antioksidan dan menurunkan aktivitas glutathione peroxidase. Etanol meningkatkan cytochrom P-450 2E1.
Sekelompok peneliti berpendapat bahwa bagaimana etanol merusak sel hati, disebabkan asetaldehid yang merupakan produk intermedier bertanggung jawab atas kerusakan sel. Hal tersebut disebabkan asetaldehid reaktif dan menyerang senyawa-senyawa nukleofil. Pemaparan isolat sel hati oleh senyawa seperti Brombenzol, Parasetamol dan Phalloidin menyebabkan terbentuknya blebs di permukaan sel. Mekanisme terbentuknya blebs masih dalam diskusi para peneliti, namun banyak diantaranya sepakat bahwa perubahan sel membran dan sitoskelet merupakan penyebab terbentuknya blebs. Pernyataan tersebut didukung oleh Tail dan Frieden yang melaporkan bahwa blebs terbentuk bila hepatosit dipapari dengan Cytochalasin B dan D atau Phalloidin, senyawa yang bereaksi dengan sitoskelet. Mikrofilamen di mana mikrotubuli yang merupakan bagian dari sitoskelet yang selalu mengalami poli- dan de-polimerasasi. Setiap proses polimerisasi dari G-aktin #F-aktin 1 mol ATP akan diubah menjadi ADP. Rendahnya konsentrasi ATP-intraseluler diduga menyebabkan kollapsnya sistem sitoskelet sel. Beberapa peneliti melaporkan bahwa konsentrasi ATP yang rendah di sitosol dapat menyebabkan hancurnya jaringan aktomiosin dan meningkatnya pembentukan blebs. Namun ada pula sekelompok peneliti yang menekankan bahwa pembentukan blebs erat kaitannya dengan perubahan konsentrasi ion Ca2+ di dalam sel. Pada keadaan hipoksia atau isemiahomoeostase ion Ca2+ terganggu, diikuti pembentukan blebs lalu kematian sel.
Penelitian Orrenius dan Nicotera menyebutkan bahwa peningkatan konsentrasi Ca2+ intraseluler menyebabkan meningginya aktivitas beberapa enzim seperti ”protease”. Akibatnya, meningkat pula degradasi protein sitoskelet yang mempengaruhi kestabilan sitoskelet dan diikuti pembentukan blebs. Menurut Pospos,terdapat perbedaan bentuk blebs yang diakibatkan oleh Plalloidin dan etanol. Selajutnya dijelaskan bahwa mekanisme pembetukan blebs berhubungan dengan konsentrasi ATP. Hasilnya memperlihatkan bahwa adanya penurunan konsentrasi ATP yang signifikan. Bila dikaitkan dengan pengaruh Ca2+ terhadap pembentukan blebs, maka penurunan konsentrasi ATP dikarenakan meningkatnya konsentrasi Ca2+ di dalam sitosol berkaitan dengan transport dari luar sel ke dalam sel, juga dari depot (gudang) Ca2+ . Pompa ATP-ase merupakan sistem transportasi utama Ca2+ dan pompa kepada ATP. Peningkatan konsentrasi Ca2+ di dalam sel bisa berkaitan dengan aktivitas pompa Ca2+ -ATP tersebut, namun perlu penelitian lebih lanjut. Greiling dan Gressner melaporkan bahwa etanol menghambat glikolisa. Penghambatan tersebut menghindari terbentuknya piruvat sehingga dapat mempengaruhi ATP. Pada penelitian lain yang diberikan etanol diawali 10 gram/kg/hari kemudian dinaikan menjadi 16 gram/hari selama 4 minggu, dengan intragastric infusion terjadi kerusakan jaringan hati akibat oxidative stress. Kerusakan sel hepar akibat alkohol akut terjadi melalui 3 mekanisme: oxidativestress, endotoksin dan TNF a yang meningkat. Meningkatnya endotoksin adalah akibat dari kerusakan mukosa dan meningkatnya permeabilitas mukosa akibat pemberian alkohol yang menyebabkan meningkatnya endotoksin yang diproduksi dalam saluran cerna Pemberian etanol pada tikus menyebabkan nekrosis pada jaringan hati karena terjadi peningkatan chemokines,lipid peroxidase dan endotoksin. Peningkatan lipid peroxidation dan endotoxemia merangsang/mengaktifkan NF-kB dan peningkatan produksi chemokines. Lipid peroksidaseyang meningkat akibat peningkatan CYP2E1 juga penyebab kerusakan jaringan hepar. Chemokines juga dapat merangsang pelepasan radikal bebas dari sel Kupffer dan noutofil sehingga terjadi stres oksidatif.
C.   EFEK ALKOHOL PADA SISTEM REPRODUKSI JANTAN
Pada sistem reproduksi, alkohol dapat mengubah keseimbangan hormon reproduksi pada individu jantan dan betina. Pada individu jantan alkohol menyebabkan kerusakan jaringan testikuler dan kegagalan sintesis testosteron dan produksi spermatozoa. Penelitian pada laki-laki yang diberi alkohol 220 ml setiap hari selama 4 minggu, akan terjadi penurunan jumlah testosteron setelah 5 hari dari pemberian terakhir. Bila pemberian tersebut dilanjutkan akan menyebabkan feminisasi pada laki-laki, seperti pembesaran kelenjar susu. Alkohol juga menyebabkan perubahan struktur dan gerak tidak normal spermatozoa akibat penghambatan metabolisme vitamin A.
Penggunaan alkohol menyebabkan penurunan aktivitas enzim yang berperan dalam sintesis hormon kelamin jantan. Alkohol dehidrogenase yang berada pada testis, dalam keadaan normal mampu mengubah retinol menjadi retinal,suatu senyawa yang penting untuk spermatogenesis. Alkohol dapat menghambat aktivitas alkohol dehidrogenase untuk membentuk retinal, sehingga proses spermatogenesis terganggu. Alkohol juga menyebabkan kegagalan hipotalamus dan hipofisis untuk mensekresikan GnRH (Gonadotrophine Releasing Hormone), FSH (Follicle Stimulating Hormone), dan LH (Luteinizing Hormone). Penurunan GnRH akan menurunkan sekresi LH dan FSH. Fungsi FSH sebagai pemelihara proses spermatogenesis melalui sel Sertoli dan LH pada sel Leydig baik dalam pertumbuhan dan fungsinya dalam mensekresi hormon testosteron ikut terganggu karena pengaruh alkohol. Kelambatan pubertas, atrofi testis, disfungsi ereksi, ginekomastia, gangguan spermatogenesis, hingga infertilitas juga dapat terjadi karena pengaruh negatif minuman beralkohol. Alkohol juga dapat menurunkan berat kelenjar prostat dan kelenjar vesikula seminalis pada manusia dan binatang.


BAB V
PENUTUP
Gambar lengkap tentang efek toksik sangat penting untuk menetapkan peraturan dan standar yang baik. Suatu toksikan dapat diubah dalam satu organ menjadi metabolit stabil yang kemudian diangkut ke organ lain dan diubah menjadi metabolit akhir yang toksik. Etanol dapat dioksidasi oleh suatu dehidrogenasi menjadi asetaldehid yang berperan menimbulkan manifestasi toksisitas alkohol. Pada manusia asetaldehid yang terbentuk akan segara dimetabolisme menjadi asetat yang kemudian akan diubah menjadi karbondioksida dan air. Paparan etanol dapat mengakibatkan terjadi perubahan besar di permukaan sel yaitu berupa pembentukan blebs yang khas untuk etanol. Pemberian alkohol akut maupun kronis dapat menimbulkan degenerasi dan nekrosis sel-sel hati mencit serta peningkatan sel-sel radang yang bermakna. Pemberian alkohol kronis lebih meningkatkan sel-sel degenerasi dan nekrosis (memperberat kerusakan) pada hati mencit dibandingkan alkohol akut.




















DAFTAR PUSTAKA
Adiwisastra A. 1987. Keracunan, Sumber, Bahaya serta Penanggulangannya. Penerbit Angkasa.Bandung.
Anonim. 2008a. Toksikologi http://ilmukedokteran.net/index2.php?option=     com_content&do_pdf=1&id=29
Jawi IM, Sutirta-Yasa WP, Saputra H. 2007. Gambaran histologis hepar serta kadar SGOT dan SGPT darah mencit yang diberikan alkohol secara akut dan kronis. Dexa Media, 1(20) : 23-26
 Joewana S. 1989. Gangguan Penggunaan Zat, Narkotika, Alkohol dan Zat Aditif lainnya. Gramedia. Jakarta
Linder MC. 1992. Biokimia Nutrisi dan Metabolisme dengan Pemakaian secara Klinis.UI Press.
Lu FC. 1995. Toksikologi Dasar; Asas, Organ Sasaran, dan Penilaian Resiko. Edisi ke-2. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia, UI Press.
Mansur. 2008. Toksikologi dan distribusi agent toksik. http://library.usu.ac.id/ download/fk/kedokteran-mansyur2.pdf
Nelson Simanungkalit Pospos. 2005. L-Ornitin-L-Aspartat (LOLA) menghindari blebbing akibat keracunan etanol pada hepatosit. Cermin Dunia Kedokteran International Standard Serial Number: 0125-913x. 57-59.
Pospos NS. 2002. Bukti gambar, etanol merusak sel hati dan pengaruhnya terhadap konsentrasi ATP intraseluler. Medika. No 1 Tahun XXVII. 17-20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar